JellyPages.com

Entri Populer

Sabtu, 15 Desember 2012

Hakikat rasa ingin tahu anak usia dini

Hakikat rasa ingin tahu anak usia dini. a. Hakikat rasa ingin tahu aud Rasa ingin tahu adalah suatu emosi yang berkaitan dengan perilaku ingin tahu seperti eksplorasi, investigasi, dan belajar, terbukti dengan pengamatan pada spesies hewan manusia dan banyak. Istilah ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan perilaku itu sendiri disebabkan oleh emosi rasa ingin tahu. Seperti emosi Rasa ingin tahun merupakan dorongan untuk tahu hal-hal baru, rasa ingin tahu adalah kekuatan pendorong utama di balik penelitian ilmiah dan disiplin ilmu lain dari studi manusia. Rasa ingin tahu merupakan setiap perilaku alami ingin tahu, terbukti dengan pengamatan di banyak spesies hewan, dan merupakan aspek emosional dari makhluk hidup yang menimbulkan eksplorasi, investigasi dan belajar. Pada dasarnya, itu menggambarkan jumlah yang tidak diketahui mekanisme psikologis dari perilaku yang memiliki efek mendorong umat untuk mencari informasi dan interaksi dengan lingkungan alam dan makhluk lain di lingkungan. Rasa ingin tahu sebagian besar merupakan naluri alami, rasa ingin tahu menganugerahkan manfaat kelangsungan hidup untuk spesies tertentu, dan dapat ditemukan dalam genom mereka. Itu wajar yang terjadi pada manusia, hewan dan khususnya bayi / balita.Meskipun manusia kadang-kadang dianggap sangat sangat ingin tahu, kadang-kadang tidak begitu banyak seperti pada hewan lain. Apa yang tampaknya terjadi adalah rasa ingin tahu manusia dikombinasikan dengan kemampuan untuk berpikir secara abstrak, menyebabkan mimesis, fantasi dan imajinasi, akhirnya menimbulkan cara unik manusia berpikir ("akal manusia"), yang abstrak dan sadar. b. Pengembangan rasa ingin tahu aud Rasa Anak ingin tahu sudah terlihat sejak saat kehidupan awal individu, semenjak awal kelahiran bayi sudah memperhatikan keinginan untuk menguasai lingkungan sekitar mereka, begitu tingkah laku bayi yang menunjukan penguasaan lingkungan diantaranya adalah saat berguling, duduk ,berjalan dan berbicara . bayi akan memalingkan anggota tubuhnya terhadap rangsangan cahaya dn bunyi – bunyi benda disekitar mereka.menurut Shapiro (1997) bahawa rasa ingin tahu ada sejakkehidupan bayi mempunyai rasa ingin tahu tentang dunia.contohnya, bila kita letakan jari kita ditelapak tangan bayi , ia akan mengenggam jari kita ,kemudia bila bayi didudukan dipangkuan kita, matanya akan terbuka lebar ia akan memandang sekeliling.bredkamp ( 1987 ) mengatakan bahwa bayi dan anak usia dini belajar dengan mengeksperimen lingkungan melalui , melihat ,mendengar , mencoba , tersenyum dan merasa dan menggerakan anggota tubuh , belajar melalui interaksi soosial. Reaksi bayi mengekspresikan keiingintahuannya mereka dengan menegangkan otot muka , membuka mulut, menjulurkan lidah dan merengutkan dahi. Pertambahan usia dan pengalaman anak, sekaligus mendorong perkembangan rasa ingin tahu mereka, rasa ingin tahu anak tidak hanya saja terhadap dirinya sendiri tetapi juga terhadap lingkungan sekitar mereka. Mayesky ( 1990 : 42 ) mengatakan bahwa setia usia masing – masing anak memiliki cara sendiri dalam merespon terhadap dunianya Keingin tahuan anak terhadap dirinya sendiri terwujud dalam bentuk keingin tahuan mereka mengetahui tubuh , bagian tubuh , fungsi masing – masing bagian tubuh mereka , keingintahian anak juga berkembang terhadap orang mislkan anak bertanya mengapa orang berppakai an ,bekerja dan berbicara dan mengapa orang yang lebih tua berbeda dengan orang yang lebih muda. Anak usia prasekolah juga ing intahu dengan berbagai objek dalam kehidupan sehari – hari, O’donel (1989 ) mengatakan bahwa anak usia prasekolah kelihatannya mempunyai enegri yang tak terbatas, mereka menyelidiki lingkungan sosial dan lingkungan fisiknya. c. Strategi pengembangan rasa ingin tahu aud rasa ingin tahu sangat penting dimiliki anak sejak dini. Untuk itu, orangtua seharusnya bisa memupuk sifat ini sejak dini guna merangsang kreativitas di masa depannya. Keinginan mengetahui berbagai hal dapat menjadi modal penting bagi anak-anak dalam menjalani masa depannya. Jika perasaan ingin tahu rendah, maka efek negatif pun akan tidak berkembang di kemudian hari. Untuk itu, tak ada salahnya bagi orangtua membantu anak-anak mereka dalam menumbuhkan rasa ingin tahunya agar mereka berkembang secara optimal karena anak yang memiliki rasakeingin tahuan yang tinggi akan memiliki kesempatan untuk memiliki pengalamn dan bahkan kepercayaan diri yang tinggi,disisi lain rasa keingin tahuan merupakan pondasi untuk sukses dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah pendidik dan orang tua harus memiliki strategi dalam mengembangkan rasa ingin tahu anak .Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan,dalam pengembangan rasa ingin tahu anak : 1. Mendorong bentuk perhatian mental, seperti kesadaran Sebagai orangtua bisa mengajarkan anak untuk mengamati segala sesuatu yang ada di sekitar. Cobalah ajak berjalan-jalan, lihatlah lingkungan sekitar, dan dengarkan semua suara yang bisa mereka dengar. 2. Memberi anak kesempatan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan topik secara mendalam Orang tua bisa mendorong anak untuk berbicara tentang apa yang mereka pikirkan, dan biarkan mereka mengajukan banyak pertanyaan dan menarik kesimpulan sendiri. Misalnya, mendukung hobi anak . 3. Biarkan anak-anak bereksperimen Dengan melakukan eksperimen sendiri, rasa ingin tahu anak-anak akan tumbuh dengan sendirinya. Sebagai orangtua, tugas Anda hanya membantu untuk berpikir tentang pertanyaan dengan cara seluas mungkin. 4. Menyediakan program aktivitas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak Dengan tersedianya aktivitas yang sesuai dengan minat anak dan kebutuhan anak akan menimbulkan kesenangan, kelkuan melakukan eksplorasi, investigasi aktifitas yang disediakan. Oleh karena itu ,pendidik perlu mengidentifikasi minat dan kebutuhan anak selanjutnya, pendidik merancang program kegiatan yang sesuai untuk merangsang rasa ingin tahu anak , program harus disesuaikan dengan perkembangan anak :  Menyediakan berbagai aktivitas materi tsb yang akan memuat perhatian anak dan meningkatkan kemandirian dan kesempatan membuat keputusan.  Mengusahakan anak untuk berpartisipasi dalam kelompok kecil atau dalam aktivitas sendiri.  Membantu membimbing anak yang mengalami kesulitan melakukan aktivitas dan memilih aktivitas yang disenangi anak  Menyediakan kesempatan terhadap anak melakukan inisiatif sendiri melakukan aktifitas. 5. Menyiapkan lingkungan yang merangsang rasa ingin tahu anak  Memperkenalkan keanehan atau sesuatu yang asing, mengherankan dan baru.  Menyediakan lingkungan yang memiliki pengaruh nyata terhadap lingkungan anak.  Menyediakan kesempatan kepada anak untuk menginfenstigasi minat individual mereka  Memberikan anak pilihan – pilihan dalam melakukan aktivitas dan  Menyediakan suatu admosfir yang baik agar anak dapat mengaajukan pertanyaan tanpa mereka takut untuk melakukan kesalahan. 6. Memelihara keselamatan anaka secara baik melalui pemberian gizi yang cukup sebab anak yang sehat akan bergairah , bersemangat mengekspresikan keingin tahuan mereka. 7. Menciptakan suasana yang aman , tentram dan akrab dengan anak, karena anak akan merasa diterima , diakui , diakrapi jika merasakan demikian sehingga anak dapat mengekspreskan rasa ingin tahunya. 8. Memberikan berbagai pengalaman materi yang banyak dan bervariasi kepada anak agar mereka lebih bebas memilih aktifitasnya . 9. Menediakan model orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi seperti : model orang yang suka menyelidiki, model dari buku , model dari teman sebaya ,dan model dari pendidik sendiri. Curtis (1998) mengatakan bahwa salah satu cara yang paling baik dalam mengembangankan rasa ingin tahu anak adalah melalui modeling diri mereka sendiri pada tingkah laku yang direspek orang dewasa. DAFTAR PUSTAKA Erlamsyah ,Pengmbangan Rasa Ingin Tahu Anak , Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UNP Padang. Hurlock ,E. Elizabeth ( 1988 ). Perkembangan Anak Jilid 1( ahli bahasa oleh meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih ). Jakarta : Erlangga . Monks, FJAMP. Kooers ,dan Siti Rahayu Haditono . (1994). Psikologi Perkembangan .Yoyakarta : Gajah Mada University Press.

1 komentar:

  1. The Best Casino Bonuses and Promotions in Tennessee 2021
    Here 순천 출장샵 is the list of 서산 출장샵 the best Casino Bonuses 안산 출장마사지 in 계룡 출장마사지 Tennessee in 2021. Includes free spins, no deposit bonuses and casino 통영 출장마사지 games.

    BalasHapus